Wednesday, September 9, 2009

Sun Wukong



Di Tiongkok, hampir setiap orang mengetahui cerita dongeng yang diceritakan dalam novel “Catatan Perjalanan ke Barat”. Novel klasik yang termasyhur ini telah melahirkan pengaruh besar di Tiongkok malahan di dunia. Penulis novel tersebut adalah Wu Chengen pada zaman Dinasti Ming (tahun 1368 – tahun 1644).

Wu Chengen dilahirkan di Huai An Provinsi Jiangsu di timur Tiongkok. Sejak kecil beliau sangat cerdik. Beliau pandai melukis dan menulis kaligrafi dan juga gemar menulis sajak, menggubah musik dan bermain catur. Selain itu, beliau telah mengumpulkan banyak karya pelukis dan ahli kaligrafi ternama. Walaupun beliau terkenal dengan bakat kesastraan di kampung halamannya, tetapi beliau tidak dapat jabatan kerajaan karena berkali-kali gagal dalam ujian kerajaan sehingga hidup dalam kemiskinan dan benci terhadap masyarakat yang tidak adil.

Sebab tidak berdaya mengubah kenyataan, maka beliau menggambarkan kemarahan terhadap keburukan masyarakat dan hasrat sendiri dalam novel “Catatan Perjalanan ke Barat”.

Novel "Xiyouji" atau "Ziarah Ke Barat" karya Wu Cheng'en, sebagai salah satu dari empat novel klasik terkenal Tiongkok mempunyai kedudukan khusus dalam sejarah kesusastraan Tiongkok. Novel ini dikarang dengan mengambil cerita ziarah Biksu Tang Xuanzang Tiongkok ke India pada abad ke-9 yang tersebar di kalangan rakyat. Ziarah Ke Barat adalah novel mitos panjang pertama Tiongkok. Melalui cerita tentang 81 kesulitan atau malapetaka yang dialami oleh Biksu Tang Xuanzang dan muridnya dalam perjalanan berziarah ke India untuk mengambil kitab suci agama Buddha, novel ini berhasil memanifestasikan keadaan nyata yang terdapat di dunia sejati. Dalam novel itu dilukiskan tokoh-tokoh manusia, dewa dan siluman binatang.

Tokoh utama dalam novel itu antara lain Sun Wukong, si kera yang serba bisa dan maha berani serta Zhu Bajie yang gemuk dan lucu. Pengarang berhasil memadukan agama Budha dan agama Tao Tiongkok dalam jalur cerita sehingga sangat berciri khas Tiongkok.

No comments:

Post a Comment