Monday, September 7, 2009

Bian Que



Bian Que (Cina:扁鹊; Wade-Giles: Ch'üeh pien, karakter namanya juga sering diucapkan Bian Qiao, Wade-Giles: pien Ch'iao) menurut legenda, dikenal sebagai dokter yang pertama di Tiongkok ( ca. 500 SM). Nama aslinya Qin Yueren (cina sederhana:秦越人) dengan keterampilan medisnya yang begitu menakjubkan sehingga orang-orang memberinya nama yang sama dengan dokter legendaris Bian Que, dari zaman Huang Di.

Saat Bian Que menganalisa seorang pasien, dia bisa melihat penyebab utama suatu penyakit. Ada satu cerita mengenai hebatnya kemampuan Bian Que :

Ketika Bian Que pergi ke Qi, Raja Huan menerimanya sebagai seorang tamu. Bian Que mengunjungi Raja Huan dan mengatakan padanya, "Anda menderita penyakit di dalam otot Anda. Jika tidak segera dirawat, penyakit itu akan menyerang lebih dalam."

Raja Huan berkata, "Saya tidak sakit." Kemudian Bian Que meninggalkannya.

Lima hari kemudian, Bian Que mengunjungi Raja Huan kembali dan menyampaikan padanya, "Anda menderita penyakit di dalam darah. Jika tidak segera dirawat, penyakit itu akan masuk lebih dalam."

Raja Huan menjawab, "Saya tidak sakit." Bian Que meninggalkannya lagi.

Lima hari kemudian, Bian Que mengunjungi Raja Huan kembali dan berkata, "Anda menderita sakit pencernaan. Jika tidak segera dirawat dia akan menyerang lebih dalam." Raja Huan tidak menjawab. Bian Que meninggalkannya kembali.

Setelah lima hari, Bian Que berniat mengunjungi Raja Huan, namun dia pergi menjauh ketika melihat Raja Huan dari kejauhan.

Seorang asisten Raja Huan bertanya padanya mengapa beliau pergi. Bian Que menjawab, "Ketika penyakit masih di otot, pengobatan masih dapat menyembuhkannya; ketika di dalam darah, akupunktur bisa menyembuhkannya; ketika sampai pencernaan, ramuan obat dapat menyembuhkannya; tetapi ketika penyakit di dalam sumsum tulang, bahkan para dewa yang bertanggung-jawab atas hidup pun tidak dapat menyembuhkannya! Penyakit Raja Huan sudah di dalam sumsum tulang sekarang, maka saya tidak bisa menyembuhkannya."

Setelah lima hari, Raja Huan sakit dan meminta bantuan Bian Que, tetapi Bian Que telah pergi. Akhirnya Raja Huan meninggal.

Bahkan saat ini, tabib pengobatan Tiongkok yang mempelajari saluran energi mengikuti metode Bian Que. Karya paling utama yang ditinggalkan Bian Que adalah Yellow Emperors Classic of 81 Difficulties, yang merupakan cara kerja mendasar dalam pengobatan Tiongkok, dan beliau memiliki pengaruh penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan medis Tiongkok.

No comments:

Post a Comment